Dewi, Suci Indah Kumala (2014) Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle dengan Metode Hypnoteaching terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VIII SMP Negeri 4 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SUCI_INDAH_KUMALA_DEWI_11735_5645_2014.pdf [thumbnail of B1_3_SUCI_INDAH_KUMALA_DEWI_11735_5645_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SUCI_INDAH_KUMALA_DEWI_11735_5645_2014.pdf
Download (4MB)
Abstract
Nilai siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Batusangkar pada TIK di bawah KKM karena model pembelajaran yang diterapkan membuat suasana belajar cenderung pasif dan kurang tersedianya kondisi motivasional siswa sehingga perhatian dan motivasi siswa kurang maksimal. Diperlukan model Learning Cycledengan metode Hypnoteachingyang mendorong siswa mengkontruksi pengetahuan sendiri dengan motivasi yang maksimal. Penelitian berbentuk kuantitatif, quasy experiment.Populasi siswa SMP Negeri 4 Batusangkar 169 orang, teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, dengan sampel kelas VIII.3 dan VIII.1 masing-masingnya 18 orang.Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif.Jenis data berupa hasil belajar siswa.Data diolah dengan uji t-test. Hasil penelitian nilai rata–rata kelompok eksperimen 75 dan nilai ratarata kelompok kontrol 71. Dengan t hitung > t untuk α 0,05 yaitu 2, 6426 > 2,021. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan model Learning Cycle dengan metode Hypnoteaching, dengan siswa yang menerapkan model konvensional. tabel
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Learning Cycle, Metode Hypnoteaching, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 03:59 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 03:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8104 |