Fradello, JF Ferix (2017) Penerapan Trainer Instalasi Penerangan Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Sederhana di Kelas XI Jurusan TITL di SMKN 1 Sutera. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_JF_FERIX_FRADELLO_16358_1470_2017.pdf [thumbnail of B1_03_JF_FERIX_FRADELLO_16358_1470_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_JF_FERIX_FRADELLO_16358_1470_2017.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh penggunaan media yang kurang tepat dalam pembelajaran Instalasi Penerangan Sederhana yang lebih menitik beratkan pada pemahaman konsep yang cenderung bersifat abstrak. Penggunaan media yang kurang tepat ini akan mengakibatkan motivasi dan minat belajar siswa menurun sehingga akan berimplikasi pada ketuntasan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan penerapan Media Pembelajaran Trainer Instalasi Penerangan yang dirancang untuk mampu memvisualisasikan konsep-konsep yang bersifat abstrak yang menyulitkan siswa dalam memahami materi pada Pembelajaran Instalasi Penerangan Sederhana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan Media Pembelajaran Trainer Instalasi Penerangan pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Sederhana kelas XI jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 1 Sutera. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dikategorikan ke dalam jenis penelitian Pra-Eksperimental (Pre-Experimental) dengan rancangan Satu Kelompok Pre-test-Post-test (The One Group PretestPosttest). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL 1 SMK Negeri 1 Sutera pada tahun ajaran 2016/2017. Uji coba instrument dilakukan pada kelas XI TITL 2 SMK N 1 Sutera. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang telah menggunakan media Pembelajaran Trainer Instalasi Penerangan (71,35), lebih tinggi dari pada nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran Trainer Instalasi Penerangan (56,48). Hal ini juga dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Pembelajaran Trainer Instalasi Penerangan, dengan kompetensi dasar memasang instalasi penerangan di luar permukaan terdapat peningkatan hasil belajar siswa 0.331 pada kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Trainer Instalasi Penerangan yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Sederhana.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Trainer Instalasi Penerangan dan Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 03:56 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 03:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8092 |