Persepsi Siswa tentang Pembelajaran Nilai-Nilai Moral Pancasila dalam Mata Pelajaran PPKn Studi Kasus di 5 SMP Negeri Se-kec. Koto Tangah Kota Padang

Apriani, Suci (2015) Persepsi Siswa tentang Pembelajaran Nilai-Nilai Moral Pancasila dalam Mata Pelajaran PPKn Studi Kasus di 5 SMP Negeri Se-kec. Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SUCI_APRIANI_05594_2373_2015.pdf] Text
B1_3_SUCI_APRIANI_05594_2373_2015.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh penting nya persepsi siswa tentang pembelajaran nilai-nilai moral Pancasila dalam mata pelajaran PPKn. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan data, mengolah, menganalisis dan membahas tentang Persepsi Siswa Tentang Pembelajaran Nilai-Nilai Moral Pancasila Dalam Mata Pelajaran PPKn di SMPN se- Kec Koto Tangah Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa dan siswi di SMPN se-Kec Koto Tangah Padang berjumlah 697 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 67 orang. Instrument yang di gunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket. Analisa data menggunakan rumus persentase. Temuan penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, Persepsi Siswa tentang Perencanaan Pembelajaran Nilai-Nilai Moral Pancasila dalam Mata Pelajaran PPKn di SMPN se-Kec Koto Tangah Padang dari segi Persiapan Pembelajaran tentang rencana materi pembelajaran nilai-nilai moral Pancasila dalam mata pelajaran PPKn berada pada kriteria baik. Selanjutnya tentang tujuan materi pembelajaran nilai-nilai moral Pancasila dalam mata pelajaran PPKn berada pada kriteria cukup baik. Sedangkan persepsi siwa tentang langkah-langkah dalam pembelajaran nilai-nilai moral Pancasila dalam mata pelajaran PPKn berada pada kriteria baik. Karena siswa memahami materi yang di sampaikan oleh guru PPKn dan langkah-langkah yang di berikan oleh guru dengan demikian pembelajarab yang terjadi di dalam kelas tidak membosankan. Kedua, Persepsi Siswa tentang Pelaksanaan Pembelajaran Nilai-Nilai Moral Pancasila Dalam Mata Pelajaran PPKn dari segi penggunaan metode dalam pembelajaran nilai-nilai moral pancasila dalam mata pelajaran PPKn berada pada kriteria baik. Selanjutnya persepsi siswa tentang materi dalam pembelajaran nilai-nilai moral dalam mata pelajaran PPKn berada pada kriteria baik. Selanjutnya persepsi tentang media dalam pembelajaran nilai-nilai moral Pancasila dalam mata pelajaran PPKn berada pada kriteria cukup baik. Sedangkan persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dalam pembelajaran nilai-nilai moral Pancasila dalam mata pelajaran PPKn berada pada kriteria baik. Karena pada pelaksaan dan penggunaan metode yang di lakukan guru PPKn dapat mudah di mengerti oleh siswa dalam menerima pembelajaran jika penyajian materi yang di lakukan guru menarik bagi siswa. Ketiga, Persepsi Siswa tentang Penilaian Nilai-Nilai Moral Pancasila dalam Mata Pelajaran PPKn dilihat dari segi penilaian pembelajaran nilai-nilai moral Pancasila dalam mata pelajaran PPKn tentang pengukuran dalam pembelajaran nilai-nilai moral Pancasila berada pada kriteria cukup baik. Selanjutnya tentang tes dalam pembelajaran nilai-nilai moral Pancasila dalam mata pelajaran PPKn berada pada kriteria kurang baik. Sedangkan tentang evaluasi dalam pembelajarn nilai-nilai moral Pancasila dalam mata pelajaran PPKn berada pada kriteria cukup baik. Karena pada saat penilaian atau tes yang di lakukan guru PPKn menyulitkan siswa sehingga membuat nilai siswa menjadi kurang baik di sebabkan oleh soal yang sulit.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Nilai Moral, Pancasila
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 25 Apr 2025 03:15
Last Modified: 25 Apr 2025 03:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8086

Actions (login required)

View Item
View Item