Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TI&K di Kelas VII SMPN 1 2x11 Enam Lingkung

Handayani, Putri (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TI&K di Kelas VII SMPN 1 2x11 Enam Lingkung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_PUTRI_HANDAYANI_04021_1476_2013.pdf] Text
B1_3_PUTRI_HANDAYANI_04021_1476_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TI&K), masih kurangnya peran siswa dalam pembelajaran, karena pembelajaran masih didominasi oleh aktivitas guru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K di kelas VII di SMP N 1 2x11 Enam Lingkung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII di SMP N 1 2x11 Enam Lingkung yang berjumlah 242 orang yang terdiri dari 9 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu kelas VII 5 dan VII 5 7 masing-masingnya berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal, dan alat pengumpul data digunakan lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing 74,46 dan SD 4,87 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 70,09 dan SD 5,79. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung 3,013 sedangkan pada 0,05 atau pada taraf kepercayaan 95 % t tabel 2,007, sehingga t hitung > t tabel . Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing (kelas eksperimen) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran TI&K di SMP N 1 2x11 Enam Lingkung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, TI&K
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 25 Apr 2025 03:15
Last Modified: 25 Apr 2025 03:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8084

Actions (login required)

View Item
View Item