Pengembangan Kurikulum Diploma III Tata Boga Terintegrasi Berbasis Industri

Yelfi, Reno (2020) Pengembangan Kurikulum Diploma III Tata Boga Terintegrasi Berbasis Industri. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_RENO_YELFI_19461_2728_2023.pdf] Text
B1_08_RENO_YELFI_19461_2728_2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan yang semakin tajam dalam merebut
lapangan kerja sehingga sulit memperoleh kerja sesuai dengan bidangnya, karena kemampuan
lulusan yang belum memadai untuk bekerja di industry. Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan desain pengembangan kurikulum berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional
Indonesia (KKNI) dan menghasilkan sebuah produk kurikulum Diploma III Tata Boga
terintegrasi berbasis industri yang sesuai dengan tuntutan pasar kerja.
Model Pengembangan yang dipakai pada penelitian ini adalah model Borg and Gall
dengan mengikuti 10 langkah yang telah dimodifikasi oleh penulis sesuai dengan iklim dan
permasalahan. Desain kurikulum ini telah divalidasi kepada lima (5) orang ahli. Nilai rata-rata
penilaian kurikulum ini berdasarkan indikatornya; 1. Pembentukan profil lulusan Program
Diploma III Tata Boga. Nilai rata-rata 4,6 ≥ 4,5 dengan kriteria Sangat Penting (SP), 2. Perusan
Capaian Pembelajaran Nilai rata-rata 4,7 ≥ 4,5 dengan kriteria Sangat Penting (SP), 3. Memilih
dan Merangkai Bahan Kajian Nilai rata-rata 4,6 ≥ 4,5 dengan kriteria Sangat Penting (SP), 4.
Pembentukan Dan Menyusun Mata luliah Nilai rata-rata 4,6 ≥ 4,5 dengan kriteria Sangat Penting
(SP), 5. Menentukan besaran SKS matakuliah Nilai rata-rata 4,7 ≥ 4,5 dengan kriteria Sangat
Penting (SP), 6. Menyusun Matakuliah dalam Semester Nilai rata-rata 4,7 ≥ 4,5 dengan kriteria
Sangat Penting (SP), 7. Struktur Kurikulum Diploma III tata boga terintegrasi berbasis industri
Nilai rata-rata 4,5 ≥ 4,5 dengan kriteria Sangat Penting (SP).
Berdasarkan hasil validasi produk oleh validator ahli, produk kurikulum ini sudah
dinyatakan baik dan bisa dilaksanakan atau direalisasikan. Model kurikulum ini dapat diadobsi
untuk pendidikan umum dan khususnya pendidikan kejuruan. Bagi industri yang akan merekrut
lulusan Diploma III Tata Boga yang telah memakai kurikulum ini tidak perlu lagi melakukan
training, karena mereka sudah siap pakai kerja secara solf skill dan hard skiil

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum
Subjects: O Food
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 25 Apr 2025 03:05
Last Modified: 25 Apr 2025 03:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8058

Actions (login required)

View Item
View Item