Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Pengukuran Horizontal Kelas XI Siswa Jurusan Survey dan Pemetaan SMK Negeri 4 Pariaman

Febrian Putra, Eko (2017) Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Pengukuran Horizontal Kelas XI Siswa Jurusan Survey dan Pemetaan SMK Negeri 4 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Pendidikan Teknik Bangunan.

[thumbnail of B1_01_EKO_FEBRIAN_PUTRA_55398_2248_2017.pdf] Text
B1_01_EKO_FEBRIAN_PUTRA_55398_2248_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini permasalahannya adalah disiplin belajar siswa yang kurang baik, ini dibuktikan pada hasil belajar Pengukuran Horizontal yang belum optimal,lebihdari 57,14% nilai siswa berada dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM), masih ada sebagian siswa yang terlambat masuk keruangan saat proses belajar akan dimulai, siswa cenderung keluar masuk saat proses pembelajaran berlangsung, siswa tidak membawa perlengkapan untuk belajar, dan juga mengumpulkan tugas yang diberikan guru tidak tepat waktu. Penelitian ini bersifat korelasional, yang bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar pengukuran horizontal kelas XI siswa Jurusan Survey dan Pemetaan SMK Negeri 4 Pariaman. Hipotesis penelitian yaitu terdapat hubungan disiplin belajar terhadap hasil belajar pengukuran horizontal kelas XI siswa Jurusan Survey dan Pemetaan SMK Negeri 4 Pariaman. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan pengambilan sampel secara Total Sampling dengan jumlah sampel yang diperoleh 28 siswa. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dengan penyebaran angket mengenai disiplin belajar yang disebarkan kepada siswa, sedangkan data sekunder adalah hasil belajar berupa nilai Gambar Teknik yang diperoleh siswa. Pengolahan data menggunakan program SPSS 17.00. Teknik analisis data digunakan adalah: (1) Analisis deskriptif, (2) Uji persyaratan analisis, yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas untuk membuktikan bahwa sebaran data berasal dari sampel yang berdistribusi normal dan linear, dan (3) Uji Hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa harga koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,889 dengan nilai Sig (2-tailed) 0,000< Alpha (0,05). Berdasarkan perolehan hasil pengujian tersebut, artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar pengukuran horizontal kelas XI Jurusan Survey dan Pemetaan SMK Negeri 4 Pariaman, dengan kategori interprestasi koefisien korelasi sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hubungan, DisiplinBelajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 05 Feb 2025 07:13
Last Modified: 05 Feb 2025 07:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item
View Item