Meningkatkan Keterampilan Membuat Crispy Jamur Tiram Melalui Task Analisis: Penelitian Tindakan Kelas terhadap Anak Tunagrahita Ringan Kelas VIII SLB YPAC Sumbar

Ramasari, Resti (2015) Meningkatkan Keterampilan Membuat Crispy Jamur Tiram Melalui Task Analisis: Penelitian Tindakan Kelas terhadap Anak Tunagrahita Ringan Kelas VIII SLB YPAC Sumbar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_RESTI_RAMASARI_1100326_3597_2015.pdf] Text
B1_2_RESTI_RAMASARI_1100326_3597_2015.pdf

Download (735kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan saat
PPL-K di SLB YPAC SUMBAR. Peneliti menemukan siswa tunagrahita ringan yang
mengalami kesulitan dalam membuat crispy jamur tiram. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan keterampilan membuat crispy jamur tiram dengan menggunakan
task analisis.
Permasalahan tersebut diangkat dalam Penelitian Tindakan Kelas, objek
penelitian adalah dua orang siswa tunagrahita ringan kelas VIII. Data dikumpulkan
melalui observasi, diskusi, tes. Peneliti berkolaborasi dengan guru kelas untuk
mengajarkan keterampilan membuat crispy jamur tiram dengan menggunakan task
analisis.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I siswa
mampu melakukan kegiatan mempersiapkan alat, mempersiapkan bahan, mencuci
jamur, dan memotong jamur sesuai ukuran. Pada siklus II siswa dapat melakukan
menentukan bahan pelapis jamur, melumuri jamur dengan bahan pelapis,
memanaskan minyak goreng dan menggoreng jamur. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa adanya peningkatan dilihat dari hasil evaluasi pada bagan. Maka sesuai
dengan hasil penelitian tersebut bahwa pendekatan task analisis dapat meningkatkan
keterampilan membuat crispy jamur tiram.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 25 Apr 2025 02:53
Last Modified: 25 Apr 2025 02:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8028

Actions (login required)

View Item
View Item