Sahri, Muhammad Zulfi (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa di Sekolah Dasar SD Negeri 35 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_MUHAMMAD_ZULFI_SAHRI_16124052_3554_2018.pdf [thumbnail of B1_01_MUHAMMAD_ZULFI_SAHRI_16124052_3554_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_MUHAMMAD_ZULFI_SAHRI_16124052_3554_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan siswa belum berkembang dengan baik. Hal ini terlihat dari jawaban siswa menjawab soal dan prilaku siswa di Sekolah membuang sampah tidak pada tempatnya. Fenomena ini membuat peneliti ingin melakukan
penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan siswa di Sekolah dasar. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasy eksperiment. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 35 Kota Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 70 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan didapat kelas IV C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 35 orang dan kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 35 orang. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes soal uraian dan angket untuk mengukur sikap peduli lingkungan siswa. Analisis data kuantitatif diolah menggunakan software SPSS Versi 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian skor rata-rata N-gain berpikir kritis pada kelas eksperimen dengan model PBL (skor rata-rata Ngain= 0.48 pada kategori sedang) dibandingkan dengan kelas kontrol dengan
model pembelajaran konvensional (skor rata-rata N-gain=0.36 pada kategori sedang), terdapat perbedaan rata-rata 0.005 dengan taraf signifikansi kecil dari nilai α yaitu 0.05. pencapaian skor rata-rata N-gain sikap peduli lingkungan pada kelas eksperimen dengan model PBL (skor rata-rata N-gain=0.74 pada kategori tinggi) dibandingkan dengan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional (skor rata-rata N-gain=0.58 pada kategori sedang), terdapat perbedaan rata-rata 0.000 dengan taraf signifikansi kecil dari nilai α yaitu 0.05. Berdasarkan hasil analisis, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan siswa di Sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 02:52 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 02:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8025 |