Usman, Citra Imelda (2014) Persepsi Siswa tentang Pelaksanaan Layanan Konseling Perorangan oleh Guru BK di SMA Negeri Se-Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_CITRA_IMELDA_USMAN_1200007_3222_2014.pdf [thumbnail of B1_1_CITRA_IMELDA_USMAN_1200007_3222_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_CITRA_IMELDA_USMAN_1200007_3222_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Persepsi merupakan suatu proses yang didahului penginderaan yang
menghasilkan pengenalan dan pengartian/pemaknaan tentang suatu peristiwa, dalam
hal ini yaitu layanan konseling perorangan. Pelaksanaan layanan konseling
perorangan meliputi lima proses, yaitu pengantaran, penjajagan, penafsiran,
pembinaan, dan penilaian. Keseluruhan proses konseling ini dilaksanakan oleh guru
BK. Guru BK dituntut untuk menjadi konselor yang profesional, karena dengan
keprofesionalan akan mewujudkan pelayanan yang optimal. Berdasarkan hasil
wawancara dengan 8 orang siswa di SMA Negeri kota Padang, terungkap bahwa
siswa mempunyai persepsi negatif setelah melaksanakan layanan konseling
perorangan dengan guru BK. Dalam hal ini dipertanyakan bagaimana keprofesionalan
guru BK dalam melaksanakan layanan konseling perorangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang
pelaksanaan layanan konseling perorangan oleh guru BK (ditinjau dari proses
pengantaran, penjajagan, penafsiran, pembinaan, dan penilaian). Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif terhadap siswa yang telah
mengikuti layanan konseling perorangan dengan guru BK yang berlatar belakang
pendidikan S.1 BK dan PPK. Jumlah sampel penelitian sebanyak 109 siswa dan
pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling.
Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan mengunakan model skala
Likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik persentase.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa persepsi siswa tentang pelaksanaan
layanan konseling perorangan oleh guru BK (ditinjau dari proses pengantaran,
penjajagan, penafsiran, pembinaan, dan penilaian) adalah guru BK yang berlatar
belakang pendidikan PPK berada pada kategori sangat baik, sedangkan guru BK yang
berlatar belakang pendidikan S.1 BK berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil
penelitian ini diharapkan kepada guru BK berupaya meningkatkan dan
mengembangkan keprofesionalan dalam pelaksanaan layanan konseling perorangan.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 02:47 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 02:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8010 |