Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata melalui Model Scramble Bagi Anak Kesulitan Belajar X Kelas IV SD Negeri 18 Koto Luar Padang

Nur, Fauziah (2016) Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata melalui Model Scramble Bagi Anak Kesulitan Belajar X Kelas IV SD Negeri 18 Koto Luar Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_FAUZIAH_NUR_1204631_4387_2016.pdf] Text
B1_2_FAUZIAH_NUR_1204631_4387_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada anak kesulitan belajar kelas IV SD yang tidak tepat dalam membaca kata. Penelitian ini bertujuan membuktikan model scramble untuk meningkatkan kemampuan membaca kata bagi anak kesulitan belajar kelas IV SD Negeri 18 Koto Luar Padang. Penelitian menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A dan teknik analisa datanya menggunakan analisis visual grafik. Penilaian dalam penelitian ini dengan mengukur persentase kemampuan anak dalam membaca kata yang tersedia. Berdasarkan hasil penelitian pada kondisi baseline (A1) pengamatan dilakukan sebanyak lima kali dan anak mendapat skor 20%. Pada kondisi intervensi (B) pengamatan dilakukan sebanyak sembilan kali dan skor anak meningkat menjadi 63,3%. Kemudian pada kondisi baseline (A2) dilakukan pengamatan sebanyak lima kali dan skor anak meningkat menjadi 90%. Berdasarkan analisis data tersebut, menunjukkan bahwa model Scramble dapat meningkatkan kemampuan membaca kata bagi siswa kesulitan belajar kelas IV SD Negeri 18 Koto Luar Padang. Maka kepada pendidik agar dapat menggunakan pendekatan untuk mengajak anak berlatih membaca serta mencari informasi lainnya dalam membantu anak untuk membaca salah satunya dengan model scramble.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEMBACA KATA MELALUI MODEL SCRAMBLE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 25 Apr 2025 02:30
Last Modified: 25 Apr 2025 02:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7971

Actions (login required)

View Item
View Item