Struktur dan Diksi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Widyanto, Fikri (2022) Struktur dan Diksi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_FIKRI_WIDYANTO_17016101_2472.pdf] Text
B1_01_FIKRI_WIDYANTO_17016101_2472.pdf

Download (7MB)

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama,
mendeskripsikan struktur teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA
Pembangunan Laboratorium UNP. Kedua, mendeskripsikan penggunaan diksi
ditinjau dari ketepatan, kecermatan, dan keserasian dalam teks laporan hasil
observasi siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
metode deskriptif. Latar penelitian ini dilakukan di SMA Pembangunan
Laboratorium UNP, tepatnya dikelas X. Data penelitian ini berupa teks laporan
hasil observasi, yang diperoleh dari sumber data penelitian yaitu dokumentasi
hasil tugas siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP yang berjumlah
30 teks laporan hasil observasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam
penelitian ini adalah studi dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti
sendiri. Penganalisisan data disesuaikan dengan alur penganalisisan data kualitatif
yaitu dengan cara redukasi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan dua hal. Kedua hal tersebut
adalah sebagai berikut. Pertama, dalam menulis teks laporan hasil observasi,
siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP hanya sebagian kecil yang
menggunakan struktur teks laporan hasil observasi, yaitu definisi umum, deskripsi
bagian dan deskripsi manfaat. Hal itu terbukti dari 30 teks laporan hasil observasi
yang telah dianalisis, terdapat 10 teks laporan hasil observasi yang lengkap
menggunakan struktur, yaitu definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi
manfaat. Sebanyak 20 teks laporan hasil observasi yang tidak lengkap
menggunakan struktur. Akan tetapi, masih ada beberapa definisi umum, deskripsi
bagian dan deskripsi manfaat. yang ditulis tidak tepat. Kedua, jika dilihat dari
penggunaan diksi berdasarkan ketepatan, kecermatan, dan keserasian, siswa kelas
X SMA Pembangunan Laboratorium UNP sudah cukup baik. Dari sebanyak 3343
kata terdapat 14 kata yang tidak tepat, 32 kata yang tidak cermat, dan 13 kata yang
tidak serasi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 25 Apr 2025 02:27
Last Modified: 25 Apr 2025 02:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7966

Actions (login required)

View Item
View Item