Hubungan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Hidang di SMK Negeri 6 Padang

Rusman, Ferlyan Ningsih (2021) Hubungan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Hidang di SMK Negeri 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_FERLYA_ NINGSIH_RUSMAN_17075178_1068_2022.pdf] Text
B1_01_FERLYA_ NINGSIH_RUSMAN_17075178_1068_2022.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perubahan metode pembelajaran
di masa pademi covid-19 yaitu pembelajaran daring dan masih rendah nya hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Tata Hidang di SMK Negeri 6 Padang. Penelitian
ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran
daring pada mata pelajaran Tata Hidang di SMK Negeri 6 Padang, 2)
Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tata Hidang di SMK
Negeri 6 Padang, 3) Menganalisis hubungan motivasi belajar siswa dalam
pembelajaran daring pada mata pelajaran Tata Hidang di SMK Negeri 6 Padang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan
korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kuliner kelas XII di SMK
Negeri 6 Padang yang telah belajar Tata Hidang berjumlah 101 orang. Teknik
pengambilan Sampel dengan menggunakan metode Simple Random Sampling yang
berjumlah 50 orang yang terdiri dari 3 kelas tahun pelajaran 2020/2021. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket melalui google from
dengan menggunakan Skala Likert yang telah diuji validitas dan reabilitasnya
terlebih dahulu.
Hasil menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan
antara motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring dengan hasil belajar mata
pelajaran Tata Hidang di SMK Negeri 6 Padang. Hubungan antara variabel
motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring dengan variabel hasil belajar
mata pelajaran Tata Hidang di SMK Negeri 6 Padang sebesar 0,477. Maka dapat
disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 24 Apr 2025 22:44
Last Modified: 24 Apr 2025 22:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7964

Actions (login required)

View Item
View Item