Fadhillah, Nofira (2013) Efektivitas Media Aplikasi Abata Hijaiyah pada Android dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah bagi Anak Tunarungu: Single Subject Research di Kelas I SLBN Center Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_NOFIRA_FADHILLAH_11650_5047_2013.pdf [thumbnail of B1_2_NOFIRA_FADHILLAH_11650_5047_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_NOFIRA_FADHILLAH_11650_5047_2013.pdf
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang penelit i temukan pada seorang anak tunarungu kelas I di SLBN Center Payakumbuh. Anak baru mengenal dua huruf hijaiyah, yaitu alif dan ba. Jika dibandingkan dengan temannya yang lain, sudah menguasai sepuluh
huruf hijaiyah, baik untuk menunjukkan maupun mengucapkan huruf hijaiyah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk single subject research (penelit ian subjek tunggal), denganmenggunakan desain A- B- A dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah anak tunarungu. Penilaian
dalam penelitian ini yaitu mengukur persentase kemampuan siswa dalam menunjukkan dan mengucapkan delapan huruf hijaiyah. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa kemampuan anak tunarungu dalam mengenal huruf hijai yah dapat ditingkatkan melaluimedia aplikasi abata hijaiyah pada android. Pada kondisi baseline(A1)yang dilakukan sebanyak empat kali pertemuan, anak belum bisa menunjukkan maupun mengucapkan huruf hijayah yang diberikan sehingga persentasenya 0% pada pertemuan pertama sampai pertemuan
keempat. Pada kondisi intervensi (B) dilakukan sebanyak 10 kali pertemuan dan kemampuan anak tunarungu meningkat dari pertemuan kelima sampai ke empat belas dengan skor tertinggi 100% untuk menunjukkan maupun mengucapkan, sedangkan pada kondisi baseline (A2) dilakukan sebanyak enam kali pertemuan dan skor anak yang tertinggi adalah 100% untuk menunjukkan juga mengucapkan delapan huruf hijaiyah. Jika dilihat dari analisis data dapat dijelaskan bahwa terjadi perubahan kecendrungan arah yang meningkat (+) dari kondisi baseline ke intervensi maupun intervensi ke baseline 2. Persentase overlap data kecil sehingga menggambarkan pengaruh intervensi dengan menggunakan media semakin baik terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah tunatungu. Dengan demikian hipotesis (Ha) yang diajukan dapat diterima. Artinya media aplikasi abata hijaiyah pada android efektif untuk
meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak tunarungu di SLBN Center Payakumbuh. Dapat disimpulkan bahwa media aplikasi abata hijaiyah pada android efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada tunarungu.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 08:20 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 08:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7899 |