Pengembangan Modul yang Dilengkapi Nilai-nilai Karakter pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk Siswa SMP Kelas VIII

Wahyuni, Sri (2015) Pengembangan Modul yang Dilengkapi Nilai-nilai Karakter pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk Siswa SMP Kelas VIII. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SRI_WAHYUNI_1101335_6198_2015.pdf] Text
B1_3_SRI_WAHYUNI_1101335_6198_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada bahan ajar yang digunakan siswa tidak bervariasi, siswa hanya menggunakan buku siswa yang disediakan oleh kemendikbud. Buku siswa tersebut dimiliki siswa dengan cara difotocopy yang hasilnya dalam bentuk hitam putih, dengan bahan ajar tersebut siswa kurang tertarik untuk belajar sehingga belum semua siswa mampu memahami materi pelajaran. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan yaitu modul yang dilengkapi nilai-nilai karakter yang dapat ditiru, dimiliki dan diterapkan siswa setelah membaca modul tersebut. Berdasarkan hal tersebut, penelitian dilakukan dengan tujuan menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran biologi yang dilengkapi nilai-nilai karakter pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan untuk siswa SMP yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan tiga tahap dari 4-D model, yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (peran-cangan), dan develop (pengembangan). Subjek penelitian ini terdiri dari 4 orang validator dan 2 orang guru serta 20 siswa dari SMP Pertiwi 2 Padang sebagai subjek uji praktikalitas. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator baik dari segi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, maupun kegrafikan dengan nilai 93,12%. Modul yang dihasilkan juga dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan nilai rata-rata 94,03% dan dikategorikan praktis oleh siswa dengan nilai rata-rata 88,67% dari segi kemudahan penggunaan, efisiensi waktu pembelajaran, dan manfaat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul yang dilengkapi nilai-nilai karakter pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan untuk siswa SMP kelas VIII yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dan sangat praktis oleh guru serta praktis oleh siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul, Nilai Karakter, Tumbuhan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 24 Apr 2025 08:14
Last Modified: 24 Apr 2025 08:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7871

Actions (login required)

View Item
View Item