Wulandari, Pepi (2012) Persepsi Siswa terhadap Penilaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada SMA Negeri 2 Ranah Pesisir. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_PEPI WULANDARI_88422_3225_2012.pdf [thumbnail of B1_3_PEPI WULANDARI_88422_3225_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_PEPI WULANDARI_88422_3225_2012.pdf
Download (358kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Persepsi Siswa Terhadap penilaian hasil belajar mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang diberikan guru pada SMA Negeri 2 Ranah Pesisir. Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan: Persepsi Siswa Terhadap penilaian hasil belajar kognitif, hasil belajar afektif, dan hasil belajar psikomotor pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pendekatan peneliti yang di gunakan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitiaan ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Ranah Pesisir. Sampel dalam penelitiaan adalah ±25% dari jumlah siswa XI yang berjumlah 140 orang. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Sedangkan teknik pengolahan dan analisa data dilakukan dengan cara editing (pemeriksaan data), coding (mengklasifikasikan data), tabulasi, pemberian skor pada tiap-tiap data, kemudian menghitung frekuensi. Hasil penelitian ini mengungkapkan beberapa temuan yaitu: 1) sebagian besar siswa menyatakan cukup puas terhadap nilai hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor pada mata pelajaran TIK, 2) proses penilaian tiga ranah TIK tersebut telah berlangsung secara objektif, 3) terdapat sebagian kecil siswa yang tidak puas dengan nilai hasil belajar mereka, hal ini disebabkan oleh: (a) pada ranah kognitif; mereka terlalu percaya diri tanpa belajar di rumah dan di sekolah, menganggap pelajaran terlalu mudah, dan ujian teori yang mereka peroleh sangat rendah, (b) pada ranah afektif; etika terhadap guru kurang baik, ada yang cenderung memaksakan kehendak, dan pernah melanggar norma dan peraturan sekolah, dan (c) pada ranah psikomotor; siswa tidak mengikuti aturan dalam pengoperasian komputer, dan tidak memiliki kemampuan untuk mengoperasikan komputer.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, TIK, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 07:55 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 07:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7857 |