Hidema, Pathase Dame (2015) Perbandingan Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning Berdasarkan Gaya Belajar Siswa terhadap Kompetensi Biologi Kelas XI IPA di SMAN 1 Bonjol Tahun Ajaran 2014/2015. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_PATHASE_DAME_HIDEMA_1304134_3219_2015.pdf [thumbnail of B1_3_PATHASE_DAME_HIDEMA_1304134_3219_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_PATHASE_DAME_HIDEMA_1304134_3219_2015.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya kompetensi siswa kelas XI IPA SMAN 1 Bonjol. Hal ini terlihat dari hasil observasi yang dilakukan ke sekolah dan analisis terhadap hasil tes yang diberikan pada siswa. Sebagian guru tidak memperhatikan gaya belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, digunakan model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning berdasarkan gaya belajar siswa terhadap kompetensi biologi kelas XI IPA di SMAN 1 Bonjol tahun ajaran 2014/2015”. Jenis Penelitian ini adalah Quasi Experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Bonjol. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah Ramdom Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa XI IPA2 sebagai kelas eksperimen 1 dan siswa kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan adalah angket gaya belajar untuk melihat gaya belajar siswa dan tes akhir untuk melihat kompetensi siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa data yang terkumpul dianalisis dengan uji t, uji u dan uji anava. kesimpulan. Pertama, kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning lebih tinggi daripada yang diajarkan Discovery Learning. Kedua, kompetensi kognitif dan afektif siswa yang memiliki gaya belajar audio, visual, kinestetik yang mengunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi daripada Discovery Learning, namun tidak terdapat perbedaan kompetensi psikomotor berdasarkan gaya belajar siswa. Ketiga, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor siswa.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Problem Based Learning, Gaya Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Biologi-S2 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 07:39 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 07:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7826 |