Wahyuni, Sri (2014) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif menggunakan Lectora Inspire pada Mata Pelajaran Memahami Dasar-dasar Elektronika di SMKN 1 Lembah Melintang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SRI_WAHYUNI_13738_5751_2014.pdf [thumbnail of B1_3_SRI_WAHYUNI_13738_5751_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SRI_WAHYUNI_13738_5751_2014.pdf
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan lectora inspire pada mata pelajaran memahami dasardasar elektronika di SMKN 1 Lembah Melintang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif yang valid, praktis dan efektif menggunakan software lectora inspire pada mata pelajaran Memahami Dasar-dasar Elektronika di SMKN 1 Lembah Melintang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah multimedia pembelajaran interaktif. Responden penelitian adalah siswa kelas X TITL SMKN 1 Lembah Melintang tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 34 orang siswa. Penelitian menggunakan model 4-D yang diadaptasi menjadi 3-D, yaitu (1) pendefinisian, (2) perancangan, dan (3) pengembangan. Soal ujicoba berjumlah 25 butir, setelah dilakukan analisis validitas tes maka diperoleh 20 soal pretest dan posttest yang valid. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia pembelajaran ini dinyatakan berhasil. Hasil validitas pengembangan multimedia ini dinyatakan sangat valid berdasarkan uji validitas oleh tim validator dengan rata-rata 82,61%. Hasil praktikalitas oleh guru adalah sebesar 95,83 % dengan kategori sangat praktis. Sedangkan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh rata-rata adalah 89,89 dengan kategori sangat praktis. Pada uji efektivitas diperoleh 91,18% siswa yang memenuhi KKM dan 8,82 % dibawah KKM. Uji normalitas hasil belajar siswa pada pretes dan posttest berdistribusi normal dengan penghitungan chi-kuadrat masing-masing dengan nilai7,06 dan 5,446. Berdasarkan analisis gain score melalui peningkatan hasil belajar diperoleh rata-rata 0, 64 dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, Lectora Inspire, Elektronika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 07:39 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 07:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7825 |