Rama, Alzet (2017) Pengaruh Penerapan Strategi Inquiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VIII SMP N 2 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_ALZET_RAMA_1204671_808_2017.pdf [thumbnail of B1_03_ALZET_RAMA_1204671_808_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_ALZET_RAMA_1204671_808_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaranIPA belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan,dan siswa kelas VIII kurang aktif dalam pembelajaran serta kurang semangatdalam belajar IPA. Untuk itu diperlukan strategi yang membutuhkan siswa untukmenemukan sesuatu, memecahkan masalah, dan melibatkan siswa dalampembelajaran yaitu dengan menggunakan strategi inquiri. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh strategi inquiri terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran IPA kelas VIII di SMP N 2 Kota Solok.Penelitian berbentuk kuantitatif quasy experiment. Populasi penelitian siswakelas VIII SMPN 2 Kota Solok, dengan teknik pengambilan sampel purposivesampling, kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.3 sebagaikelas kontrol. Teknik pengumpulan data berbentuk tes tertulis. Alat pengumpuldata adalah lembar soal dan lembar jawaban tes berbentuk obyektif sebanyak 40butir soal. Jenis data berupa hasil belajar siswa. Sumber datanya adalah siswa.Data diolah dengan menggunakan t-test.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan rata-ratahasil belajar siswa pada kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas VIII3 sebagai kontrol. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata nilai82,42 pada kelas eksperimen dan 74,67 pada kelas kontrol. Hasil analisis denganmenggunakan t-test menunjukkan hasil thitung 4,49 sedangkan ttable 2,00 pada tarafkepercayaan 0,05, sehingga thitung>ttable. Hal ini menunjukkan bahwa terdapatperbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa yang menggunakan staregiinquiri dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi inquiri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 07:35 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 07:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7814 |