Penerapan Metode Resitasi (Pemberian Tugas) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar – dasar Pengukuran Listrik Siswa Kelas X TIPTL SMKN 1 Kec. Guguak Kab. Lima Puluh Kota

Chandra, Sri Romi (2015) Penerapan Metode Resitasi (Pemberian Tugas) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar – dasar Pengukuran Listrik Siswa Kelas X TIPTL SMKN 1 Kec. Guguak Kab. Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SRI_ROMI_CHANDRA_02694_1826_2015.pdf] Text
B1_3_SRI_ROMI_CHANDRA_02694_1826_2015.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang berhubungan dengan kurangnya pemahaman siswa pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik (DPL), sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa, dimana 42% dari siswa TIPTL 1 dan 52,18% dari siswa TIPTL 2 mendapatkan nilai hasil belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran DPL yaitu 75 dengan rentang nilai 0 – 100. Jadi, masih terdapat hasil belajar siswa yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode resitasi pada mata pelajaran DPL terhadap hasil belajar siwa di SMK Negeri 1 Kec. Guguak Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental. Dalam penelitian ini akan dilihat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode resitasi pada proses pembelajaran. Dalam penelitian ini subjeknya adalah kelas X TIPTL 2 SMK Negeri 1 Kec. Guguak Kab. Lima Puluh Kota. Kegiatan belajarnya menggunakan metode resitasi. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah kelas X TIPTL 1 SMK Negeri 1 Kec. Guguak Kab. Lima Puluh Kota. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (postest) berupa soal objektif sebanyak 25 item data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Gain Score, hasil rata – rata peningkatan hasil belajar yang diperoleh 0,56 termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan persentase nilai pretest yang mencapai KKM belajar Dasar – Dasar Pengukuran Listrik kelas X TIPTL di SMK N 1 Kec. Guguak Kab. Lima Puluh Kota sebesar 4 % dan persentase nilai posttest yang mencapai KKM sebesar 88 %, jadi persentase peningkatan hasil belajar siswa sebesar 84 %. Dengan demikian dapat dilihat bahwa Penerapan metode resitasi efektif untuk meningkatkan hasil belajar DPL siswa kelas X TITL di SMKN 1 Kec. Guguak Kab. Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Resitasi, Hasil Belajar, Pengukuran Listrik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 24 Apr 2025 07:32
Last Modified: 24 Apr 2025 07:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7805

Actions (login required)

View Item
View Item