Ramadini, Suci (2014) Meningkatkan Kemapuan Merias Wajah Melalui Multi Methode bagi Penyandang Low Vision: Single Subject Research Kampus PLB FIP UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_SUCI_RAMADINI_17195_5726_2014.pdf [thumbnail of B1_2_SUCI_RAMADINI_17195_5726_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_SUCI_RAMADINI_17195_5726_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan pada penyandang Low Vision yang berada di semester IV jurusan PLB . Penyandang mengalami kesulitan dalam kemampuan merias wajah dengan benar. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk single subject reseach (SSR) menggunakan desain A-B dan teknik analisa datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian ini adalah penyandang Low Vision. Penilaian dalam penelitian ini yaitu dengan mengukur persentase kemampuan penyandang dalam kegiatan merias wajah. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat kemampuan anak dalam merias wajah dapat meningkat melalui Multi Methode. Pada kondisi baseline (A) yang dilakukan sebanyak tujuh kali pertemuan, anak baru mampu mendapat skor 53%. Pada kondisi intervensi (B) dilakukan sebanyak sebelas kali pertemuan dan kemampuan merias wajah bagi penyandang meningkat dari pertemuan kesebelas sampai pertemuan kedelapan belas dengan skor tertinggi 100%. Jika dilihat dari analisis data dapat dijelaskan bahwa terjadi perubahan kecendrungan arah yang meningkat (+) dari kondisi baseline ke intervensi. Persentase overlap data kecil yaitu 54,5% sehingga menggambarkan pengaruh intervensi melalui Multi Methode semakin baik terhadap kemampuan merias wajah bagi penyandang Low Vision. Dengan demikian hipotesis penelitian yang diajukan dapat diterima. Artinya melalui Multi Methode dapat meningkatkan kemampuan merias wajah bagi penyandang Low Vision di kampus PLB FIP UNP. Dapat disimpulkan Multi Methode dapat meningkatkan kemampuan merias wajah bagi penyandang Low Vision, maka disarankan pada sekolah khususnya guru hendaknya dapat menggunakan Multi Methode dalam meningkatkan kemampuan merias wajah bagi penyandang Low Vision.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Merias wajah, Multi methode, Penyadang low vision |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 07:30 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 07:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7797 |