Kurniawan, Irzan (2014) Kontribusi Motivasi Belajar dan Disiplin Terhadap Hasil Belajar Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik di SMK Dhuafa Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_IRZAN_ KURNIAWAN_87740_1492_2014.pdf [thumbnail of B1_03_IRZAN_ KURNIAWAN_87740_1492_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_IRZAN_ KURNIAWAN_87740_1492_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kontribusi motivasi belajar dan disiplin terhadap hasil belajar mengoperasikan sistem pengendali elektomagnetik siswa kelas XI TITL di SMK Dhuafa Padang pada tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilatar belakangi masalah, bahwa 59% dari 22 orang siswa memperoleh hasil belajar mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik dibawah kriteria ketuntasan minimal (<70). Banyaknya faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, diduga faktor motivasi belajar dan disiplin yang berperan dalam menentukan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang bersifat deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 22 orang siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Dhuafa Padang yang telah mengikuti pembelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik (MSPE) tahun ajaran 2012/2013. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah seberapa besar kontribusi (1) motivasi belajar terhadap hasil belajar, (2) disiplin terhadap hasil belajar, (3) motivasi dan disiplin secara simultan terhadap hasil belajar. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang berbentuk angket tertutup sebanyak 34 item untuk motivasi belajar dan 28 item untuk disiplin sedangkan skala ukur yang digunakan adalah skala likert. sedangkan hasil belajar MSPE mengunakan instrumen tes berbentuk objektif sebanyak 35 soal dengan skala ukur diskrit. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis pearson product moment. Hasil analisis data menunjukkan: (1) terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar MSPE sebesar 18,49%, (2) terdapat kontribusi yang signifikan antara disiplin dengan hasil belajar MSPE sebesar 25,20%, dan (3) terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi belajar dan disiplin secara simultan terhadap hasil belajar MSPE sebesar 30,25%. Dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan disiplin merupakan faktor yang turut mempengaruhi hasil belajar siswa. Kedua faktor tersebut dianggap penting. Motivasi belajar dan disiplin yang tinggi akan berdampak pada hasil belajar yang baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MOtivasi Belajar, Hasil Belajar, Elektromagnetik |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 07:04 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 07:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7766 |