Sri, Mulyani (2012) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penggunaan Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VIII-4 SMP Negeri 23 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SRI_MULYANI_93915_5928_2014.pdf [thumbnail of B1_3_SRI_MULYANI_93915_5928_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SRI_MULYANI_93915_5928_2014.pdf
Download (7MB)
Abstract
Hasil belajar siswa kelas VIII-4 SMP N 23 Padang pada mata pelajaran TIK semester II tahun pembelajaran 2011/2012 hanya memperoleh nilai rata-rata 60 di bawah KKM yaitu 70. Hal ini disebabkan terbatasnya jumlah komputer serta jumlah siswa yang terlalu banyak dalam satu lokal praktek menyebabkan guru kewalahan dalam menggelola kelas sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh sebab itu penulis mencoba memperbaiki proses dan hasil pembelajaran dengan melakukan penelitian tindakan kelas melalui pembelajaran tutor sebaya yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelasVIII-4 yang berjumlah sebanyak 40 orang siswa terdiri dari 35 orang perempuan dan 5 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data adalah observasi langsung yang dilakukan oleh kalaborator dan tes hasil belajar, sedangkan alat pengumpulan data adalah lembar observasi aktivitas dan lembaran tes siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis persentase dan mean score. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas yang dilakukan oleh siswa. Pada siklus I dari 72,99 % meningkat menjadi 82,76% pada siklus II. Peningkatan aktivitas ini juga diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 70,%, dan masih terdapat 12 siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal mencapai 87,5%. Dengan tutor sebaya kelas menjadi aktif, keterbatasan kemampuan siswa untuk menggungkapkan ketidak pahaman nya terhadap materi pelajaran kepada guru dapat dengan mudah disampaikan kepada teman. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di kelas VIII-4 SMPN 23 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas, Hasil Belajar, Tutor Sebaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 07:01 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 07:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7763 |