Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Melalui Penggunaan Mind Map di Kelas III SDN 09 Batipuh Kabupaten Tanah Datar

Susanti, Fitria (2012) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Melalui Penggunaan Mind Map di Kelas III SDN 09 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_FITRIA_SUSANTI_51327_5020_2013.pdf] Text
B1_1_FITRIA_SUSANTI_51327_5020_2013.pdf

Download (290kB)

Abstract

IPA diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan
manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan.
Penerapan IPA perlu dilakukan secara bijaksana agar tidak berdampak buruk
terhadap lingkungan. Bertolak dari kenyataan di lapangan, pembelajaran IPA di
Sekolah Dasar belum terlaksana secara optimal. Akibatnya peserta didik kurang
tertarik pada pembelajaran IPA yang merupakan salah satu wadah untuk
merancang dan membuat suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan
kompetensi bekerja ilmiah secara bijaksana. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA peserta didik melalui penggunaan
mind map di kelas III Sekolah Dasar Negeri 09 Batipuh Kabupaten Tanah Datar.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan
dalam proses berdaur yang terdiri dari empat tahapan, planing, action,
observation/evaluation, dan reflection. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri
09 Batipuh Kabupaten Tanah Datar, dengan subjek penelitian peserta didik kelas
III. Keefektifan tindakan pada setiap siklus diukur dari hasil observasi aktivitas
dan hasil belajar peserta didik. Data hasil observasi aktivitas dan hasil belajar
peserta didik dideskripsikan diinterpretasikan, kemudian direfleksikan untuk
menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi mind map dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Aktivitas yang dicapai
peserta didik adalah 78,9% pada kualifikasi baik dan hasil belajar yang dicapai
oleh peserta didik adalah 81% atau berada pada kualifikasi baik sekali.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 24 Apr 2025 07:49
Last Modified: 24 Apr 2025 07:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7750

Actions (login required)

View Item
View Item