Andriana, Oktavia (2014) Pengaruh Tugas Rumah Berupa Peta Konsep Sebelum Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compresitation (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Suliki. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_OKTAVIA_ANDRIANA_96847_5988_2014.pdf [thumbnail of B1_3_OKTAVIA_ANDRIANA_96847_5988_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_OKTAVIA_ANDRIANA_96847_5988_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Proses pembelajaran hendaknya dapat meningkatkan aktivitas, motivasi, dan keaktifan siswa. Namun hal ini tampaknya belum terlaksana dengan baik di sekolah. Sehingga berakibat kepada rendahnya hasil belajar siswa. Masalah yang terjadi di SMPN 2 Suliki adalah rendahnya aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa karena strategi dan model pembelajaran yang belum bervariasi yang diberikan oleh guru. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan pemberian tugas rumah. Membuat tugas rumah berupa peta konsep sebelum pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compresitation (CIRC) diharapkan dapat merangsang aktivitas dan memacu motivasi belajar sehingga pembelajaran menyenangkan dan lebih bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tugas rumah membuat Peta Konsep sebelum model pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Suliki tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Suliki yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis adalah Uji-t. Hasil analisis data didapatkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 86,79 dan kelas kontrol 81, 2. Berdasarkan kriteria penerimaan hipotesis maka hipotesis kerja dinyatakan diterima. Disimpulkan bahwa tugas rumah membuat peta konsep sebelum pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compresitation berpengaruh terhadap hasil belajar biologi kelas VIII SMP Negeri 2 Suliki tahun pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peta Konsep, Cooperative Integrated Reading and Compresitation (CIRC) |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 06:50 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 06:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7742 |