Efektivitas Penggunaan Metode Ceramah Bervariasi dalam Meningkatkan Operasi Perkalian bagi Anak Berkesulitan Belajar

Novita, Resmi (2014) Efektivitas Penggunaan Metode Ceramah Bervariasi dalam Meningkatkan Operasi Perkalian bagi Anak Berkesulitan Belajar. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_RESMI_NOVITA_17952_5277_2014.pdf] Text
B1_2_RESMI_NOVITA_17952_5277_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi siswa kelas III SDN
17 Jawa Gadut Padang yaitu memiliki permasalahan perkalian 5 s/d 9, sedangkan perkalian
hasil dua angka ini merupakan pelajaran kelas II semester I, namun masih ada beberapa siswa
kelas III yang belum menguasai perkalian 5 s/d 9 ini. Hal ini disebabkan karena siswa belum
hafal perkalian 5 s/d 9. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut,
meningkatkan kemampuan siswa dalam perkalian 5 s/d 9, dan siswa diharapkan hafal
perkalian 5 s/d 9.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen (Pretest-posttest design)
yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok tanpa menggunakan kelompok
pembanding. Subjek penelitian ini adalah empat orang siswa kelas III SDN 17 Jawa Gadut.
Analisis data yang digunakan adalah uji U Mann-Whitney dengan kriteria pengujian
hipotesis diterima jika Uhit > Utab dan diluar kondisi tersebut hipotesis di tolak pada taraf
signifikan 95% atau α = 0,05
Hasil dari pengolahan data menunjukkan Uhit = 0,5 dan Utab = 0, artinya
hipotesis diterima. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ceramah bervariasi
dengan tanya jawab, pemberian tugas, latihan dan demonstrasi dengan menggunakan multiple
set ini efektif digunakan untuk anak berkesulitan belajar khususnya perkalian 5 s/d 9.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 24 Apr 2025 08:19
Last Modified: 24 Apr 2025 08:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7726

Actions (login required)

View Item
View Item