Edrian, Oki (2015) Efektivitas Penggunaan Media Word Square Pada Mata Pelajaran IPAKelas III SD N 02 Balai Gadang Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_OKI_EDRIAN_87904_1895_2015.pdf [thumbnail of B1_3_OKI_EDRIAN_87904_1895_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_OKI_EDRIAN_87904_1895_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SD Negeri 02 Balai Gadang ditemui masalah bahwa masih kurangnya peran serta siswa dalam proses pembelajaran karena siswa tidak termotivasi untuk mengikuti pelajaran. Akibatnya hasil belajar sebagian besar siswa kelas III masih belum mencapai batas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang sudah ditetapkan.Untuk mengatasi masalah tersebut, dilaksanakanlah suatu penelitian dengan membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan media Word Square dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah efektif hasil belajar siswa dengan menggunakan media Word Square pada mata pelajaran IPA kelas III di SD Negeri 02 Balai Gadang Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat quasy eksperimen guna melihat perbandingan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD N 02 Balai Gadang Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 279 orang yang terdiri dari 12 kelas, dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas IIIB sebagai kelas eksperimen dan IIIA sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas tersebut berjumlah 23 orang.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan media Word Square adalah 77,21 dan standar deviasi (SD) sebesar 9,60 lebih tinggi dari nilai rata-rata pada kelas control 64,34 dan standar deviasi (SD) sebesar 9,41. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleht hitung 4,5 sedangkan pada taraf kepercayaan α 0,05t tabel 1,6794 sehinggat hitung > t tabel . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Word Square efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelasIII SD N 02 Balai Gadang Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Word Square, KKM |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 05:40 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 05:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7708 |