Respon dan Kendala Guru dan Peserta Didik Kelas XI IPA terhadap Pembelajaran Online selama masa Pandemi pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Sungai Penuh

Rahayu, Alfina (2021) Respon dan Kendala Guru dan Peserta Didik Kelas XI IPA terhadap Pembelajaran Online selama masa Pandemi pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Sungai Penuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_ALFINA_RAHAYU_17031126_3206_2021.pdf] Text
B1_03_ALFINA_RAHAYU_17031126_3206_2021.pdf

Download (14MB)

Abstract

Wabah Covid-19 membuat sekolah melaksanakan pembelajaran online untukmencegah penyebaran virus ini. Perubahan ini cukup mendadak dimana guru danpeserta didik belum terbiasa dengan sistem ini. Banyak hal yang berbeda antarapelaksanaan pembelajaran tatap muka dengan online. Maka perlu dianalisismengenai respon dan kendala guru dan peserta didik terhadap pembelajaran onlineselama masa pandemi pada mata pelajaran biologi.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalahseluruh guru biologi dengan jumlah 5 orang dan peserta didik kelas XI IPA yangberjumlah 214 orang di SMA Negeri 2 Sungai Penuh. Teknik sampling yangdigunakan adalah total sampling. Peneliti melakukan penyebaran kuesionerketerlaksanaan dan respon. Data penelitian dianalisis menggunakan persentase (%)dari jawaban guru dan peserta didik kelas XI IPA.Hasil penelitian menunjukan respon guru (73,02%) dan peserta didik(68,66%) terhadap pembelajaran online selama masa pandemi pada mata pelajaranbiologi berada dalam kategori cukup baik. Ada beberapa kendala yang dirasakanguru dan peserta didik, mulai dari kendala secara teknis maupun sosial yangmenyebabkan pembelajaran online kurang terlaksana dengan baik. Kendala yangdialamigurudan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaranonline dapat dikategorikan dari aspek akses, perangkat dan aplikasi, materi,efektivitas, kesulitan dan evaluasi pembelajaran online. Kendala yang ditemukandalam penelitian ini hendaknya dapat menjadi bahan masukan dan koreksi bagiguru dan juga sekolah sebagai penyelenggara kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Respon guru dan peserta didik, Pembelajaran online, Pandemi Covid-19, Pembelajaran biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 24 Apr 2025 05:38
Last Modified: 24 Apr 2025 05:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7694

Actions (login required)

View Item
View Item