Rahmadani, Sri (2012) Kepuasan Pemustaka Terhadap Otomasi Perpustakaan dengan Menggunakan Senayan Library Management System di Perpustakaan Umum Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SRI RAHMADANI 01177_6863_2012.pdf [thumbnail of B1_3_SRI RAHMADANI 01177_6863_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SRI RAHMADANI 01177_6863_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Perpustakaan Umum Kota Solok merupakan perpustakaan umum di Sumatera Barat yang telah menerapkan otomasi dengan menggunakan Senayan Library Management System (SLiMS) untuk pengelolaannya. Berdasarkan fenomena yang ditemukan perlu diadakan penelitian apakah pemustaka merasa puas atau tidak dengan adanya penerapan sistem tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana tingkat kepuasan pemustaka terhadap otomasi perpustakaan dengan menggunakan Senayan Library Management System (SLiMS) di perpustakaan Umum Kota Solok. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pemustaka perpustakaan Umum Kota Solok yang pernah memanfaatkan layanan otomasi yaitu sebanyak 1200 orang, teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan simple random sampling sehingga diperoleh sebanyak 92 orang sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan alat pengumpulan data dengan angket. Data diolah dengan menggunakan pengukuran LibQUAL+®. Temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa layanan perpustakaan Umum Kota Solok telah memenuhi harapan pemustaka dan dapat dikatakan bahwa pemustaka telah merasa puas terhadap layanan otomasi dengan menggunakan Senayan Library Management System. Hal ini terlihat dari nilai kesenjangan (gap) antara persepsi dan harapan minimum pemustaka yaitu 0.46 yang menunjukkan bahwa Adequasy Gap berada pada kategori sangat puas, sedangkan untuk dimensi LibQUAL+®, Affect of Service memiliki Adequasy Gap (AG) 0.41, Personal Control 0.48, Acces to Information 0.33 yang mana nilai Adequasy Gap (AG) ketiga dimensi ini berada dalam yang berada dalam kategori sangat puas dan Library as Places memiliki Adequasy Gap (AG) 0.67 dengan kategori puas. Jadi seluruh dimensi memiliki Adequasy Gap (AG) positif dan telah memuaskan responden.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemustaka, Otomasi Perpustakaan, SLMS, Perpustakaan |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 05:38 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 05:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7690 |