Afif, Nuzul (2012) Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran TI&K dan Kontribusinya Pada Hasil Belajar Mata Pelajaran TI&K di Kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_NUZUL_AFIF_88426_1727_2012.pdf [thumbnail of B1_3_NUZUL_AFIF_88426_1727_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_NUZUL_AFIF_88426_1727_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran TI&K berkontribusi pada hasil belajar siswa dalam mata pelajaran TI&K di kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Selatan Kabupaten Pasaman.Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran TI&K dan kontribusinya terhadap hasil belajar pada mata pelajaran TI&K. Jenis dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif deskriptif untuk melihat dan menggambarkan tentang objek yang diteliti seperti apa adanya.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Selatan Kabupaten Pasaman.Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah random sampling.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan teknik analisa data menggunakan teknik korelasi product moment dari pearson. Hasil penelitian mengungkapkan persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran TI&K di kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Selatan Kabupaten Pasaman untuk kegiatan awal adalah baik (persentase skor yang diperoleh 75.05% pada rentang 61%-80%), untuk kegiatan inti adalah baik (persentase skor yang diperoleh 75.82% pada rentang 61%-80%), untuk kegiatan akhir adalah baik (persentase skor yang diperoleh 71.17% pada rentang 61%-80%), dan tingkat pencapaian persepsi secara keseluruhan diperoleh 72.94% sehingga tingkat pencapaian persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran TI&K di kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Selatan Kabupaten Pasaman dikategorikan cukup (terdapat pada rentangan 70% - 79%).Pengolahan hubungan persepsi dengan hasil belajar di dapat r hitung sebesar 0.41 dan harga r tabel dk(N-2) = 45 dan α 0.05 = diperoleh r = 0.294 pada taraf kepercayaan 95% dan 0.380 pada taraf kepercayaan 99%. Dapat disimpulkan hipotesis yang diajukan dapat diterima kebenarannya dan terdapat korelasi yang signifikan antara persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran TI&K dengan hasil belajar TI&K di kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa nilai r = 0.41 dan kontribusi (r) 2 = (0.41) 2 = 0.1681.Besar kontribusinya r x 100% = 16.81%.Sisa 83.19% mungkin oleh variabel lain yang tidak menjadi perhatian dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, TI&K, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 05:37 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 05:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7686 |