S, Sofia Juni Diana (2016) Pengaruh Metode Point Counterpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas X MAN Muara Labuh Kabupaten Solok Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SOFIA_JUNI_DIANA_S_04098_3608_2016.pdf [thumbnail of B1_3_SOFIA_JUNI_DIANA_S_04098_3608_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SOFIA_JUNI_DIANA_S_04098_3608_2016.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran PKn, masih kurangnya peran siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan system pembelajaran yang kurang menarik minat siswa untuk mengikuti pembelajaran. Siswa kurang fokus dalam belajar hal ini disebabkan karena strategi pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional. Guru kurang mampu menciptakan kondisi yang kondusif, sehingga hasil belajar siswa tidak sesuai yang diharapkan. Salah satunya strategi pembelajaran tersebut adalah dengan menggunakan Metode Point Counterpoint. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan metode Point Counterpoint pada mata pelajaran PKn kelas X MAN Muara Labuh Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat pada quasy eksperimen. Teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling. Sehingga yang menjadi sampel adalah siswa kelas X 3 (kelas eksperimen) dan kelas X 1 (kelas kontrol) yang masingmasing kelasnya berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal, alat pengumpul data digunakan lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Jenis data dalam penelitian ini hasil belajar siswa dan sumber datanya nilai siswa. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan analisis hasil belajar, diperoleh nilai rata–rata siswa kelas X 3 yang menggunakan metode Point Counterpoint yaitu 80, 73 dan nilai rata-rata siswa kelas X 1 yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 73,46. Dari perhitungan uji perbedaan (t-test) didapat t hitung 3,27 sedangkan t tabel pada taraf nyata 0,05 adalah 2,000 dengan demikian t hitung > t tabel (3,27 > 2,000). Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Point Counterpoint dapat berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas X MAN Muara Labuh Kabupaten Solok Selatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Point Counterpoint, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 05:35 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 05:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7664 |