Pengaruh Pembelajaran Bermedia Blog dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas VIII Di SMPN 3 Pariaman

Fitria, Fitria (2011) Pengaruh Pembelajaran Bermedia Blog dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas VIII Di SMPN 3 Pariaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_FITRIA_51746_5924_2012.pdf] Text
B1_1_FITRIA_51746_5924_2012.pdf

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) ada tidaknya perbedaan
hasil belajar dengan menggunakan media blog dan pembelajaran dengan
menggunakan media visual diproyeksikan; (2) interaksi antara pembelajaran
bermedia blog dengan pengetahuan awal siswa terhadap hasil belajar; (3)
Perbedaan hasil belajar siswa dengan pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan
menggunakan media blog dan media visual diproyeksikan; (4) perbedaan hasil
belajar siswa dengan pengetahuan awal rendah yang diajar dengan media blog
dengan hasil belajar siswa berpengetahuan awal rendah yang diajar dengan media
visual diproyeksikan.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Pariaman
yang berada di Kota Pariaman. Sampel penelitian dipilih dengan teknik Cluster
Random Sampling. Dari pemilihan diperoleh kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen
dan Kelas VIII5 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini adalah Quasi Eksperimen
dengan desain factorial 2x2, dan diselenggarakan pada semester II tahun pelajaran
2010/2011. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar kognitif dan dianalisis
dengan uji-t dan Anava.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: hasil belajar siswa yang
mengikuti pembelajaran bermedia blog lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa
yang diajar dengan media visual diproyeksikan. Tidak terdapat interaksi antara
pengunaan media blog dengan pengetahuan awal terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran TIK artinya pembelajaran bermedia blog dapat diterima untuk
semua kalangan baik pada siswa dengan pengetahuan awal tinggi maupun rendah.
Hasil belajar siswa dengan pengetahuan awal tinggi yang mengikuti pembelajaran
dengan media blog lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan
pengetahuan awal tinggi yang mengikuti pembelajaran dengan media visual
diproyeksikan. Hasil belajar siswa dengan pengetahuan awal rendah yang
mengikuti pembelajaran dengan media blog lebih tinggi dibandingkan dengan
hasil belajar siswa dengan pengetahuan awal rendah yang mengikuti pembelajaran
dengan media visual diproyeksikan.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 24 Apr 2025 05:35
Last Modified: 24 Apr 2025 05:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7663

Actions (login required)

View Item
View Item