Pengaruh Penggunaan Multimedia Model Tutorial Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Batusangkar

Esterly, Intania (2013) Pengaruh Penggunaan Multimedia Model Tutorial Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_INTANIA_ ESTERLY_11684_5216_2013.pdf] Text
B1_03_INTANIA_ ESTERLY_11684_5216_2013.pdf

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Batusangkar masih rendah, hal ini disebabkan karena guru tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Batusangkar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (geografi) dengan menggunakan multimedia model tutorial dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Batusangkar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Batusangkar yang berjumlah 224 orang yang terdiri dari 7 kelas dan penarikan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas VII6 dan VII7 masing-masingnya berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal. Alat pengumpul data digunakan lembaran soal tes. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan multimedia model tutorial memiliki nilai rata-rata 79,69, lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaaran konvensional yaitu 73,78. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung > t tabel yaitu 2,294 > 2,000 pada taraf signifikan 0,05. Dengan demikian penggunaan multimedia model tutorial memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 2 Batusangkar pada semester 2 tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Model Tutorial, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 24 Apr 2025 05:33
Last Modified: 24 Apr 2025 05:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7644

Actions (login required)

View Item
View Item