Hayati, Nursyami (2013) Pengaruh Pemberian Tugas Rumah Membuat Peta Konsep sebelum Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 2 Sintuk Toboh Gadang Tahun Pelajaran 2012/2013. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_NURSYAMSI_HAYATI_00295_5488_2013.pdf [thumbnail of B1_3_NURSYAMSI_HAYATI_00295_5488_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_NURSYAMSI_HAYATI_00295_5488_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan dalam pembelajaran biologi di SMPN 2 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman adalah kurangnya persiapan siswa untuk mengikuti pembelajaran dikarenakan guru jarang memberikan tugas rumah kepada siswa, menyebabkan siswa kurang termotivasi dan kurang aktif dalam pembelajaran kemudian tugas rumah yang diberikan kurang bervariasi serta proses pembelajaran belum menggunakan model pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran yaitu dengan cara memberikan tugas rumah membuat peta konsep sebelum model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) sehingga siswa dapat aktif dan termotivasi serta dapat memahami materi pelajaran yang akan diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas rumah sebelum model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 2 Sintuk Toboh Gadang Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen dengan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design yang dimodifikasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Sintuk Toboh Gadang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 6 kelas, sedangkan sampel adalah kelas VII sebagai kelas eksperimen dan kelas VII kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif sebanyak 31 buah yang telah diujicobakan. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan kriteria harga t hitung > t tabel 3 hipotesis kerja diterima dan sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi (76,03) dari kelas kontrol (68,85). Berdasarkan hasil analisis data pada taraf nyata (α) = 0,05 dengan derajat kebebasan 52 didapatkan t hitung = 3,108 dan harga t tabel = 1,68, t , maka terdapat pengaruh positif pemberian tugas rumah membuat peta konsep sebelum hitung model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar bilogi siswa SMPN 2 Sintuk Toboh Gadang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peta Konsep, Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar Biologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 05:30 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 05:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7622 |