Intan, Intan (2020) Pengembangan Materi Pembelajaran TIK Berbasis Multimedia untuk Kelas VII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_INTAN_16004018_2122_2020.pdf [thumbnail of B1_03_INTAN_16004018_2122_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_INTAN_16004018_2122_2020.pdf
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang kurang menarik. Karena lebih cenderung bersifat teori. Hal ini disebabkan jarangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif, interaktif dan menyenangkan sehingga siswa kurangnya termotivasi, dan keantusiasan dalam proses belajar. Oleh sebab itu, perlu adanya solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu menggunakan media PowerPoint dengan adanya pengembangan multimedia diharapkan bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dikenal dengan istilah research and development (R&D), dengan menggunakan model Brog and Gall yang diserderhanakan sesuai dengan kebutuhan peneliti langkahlangkah dalam penelitian ini yaitu: 1) perencanaan, 2) pengembangan produk awal, 3) validasi produk, 4) uji coba, 5) produk akhir. Uji validasi produk dilakukan oleh 3 validator yaitu 1 validator ahli materi dan 2 orang validator media. Pengumpulan data dalam penelitian ini imenggunakan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, format dan penilaiaan angket. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan pengembangan multimedia pada mata pelajaran TIK untuk kelas VII SMP menunjukkan bahwa, hasil validasi materi termasuk kriteria “sangat baik ” serta hasil uji validasi media dengan nilai validator I sebesar 5,00 (100) sedangkan hasil uji validasi validator II sebesar 4,95 (99) dikriterikan “sangat valid dan layak diuji cobakan”. Jadi dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran pada mata pelajaran TIK kelas VII SMP sangat layak digunakan sesuai kriteria kelayakan media untuk menunjang proses pembelajaran proses kegiatan belajar dan mengajar serta menjadikan inovasi pembelajaran yang menarik, interaktif dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Multimedia, TIK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 05:28 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 05:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7597 |