Hasibuan, Nurkasima (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Belajar Aktif Tipe Hollywood Squares Berbantuan Modul pada Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik Di SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_NURKASIMA_HASIBUAN_16354_5888_2015.pdf [thumbnail of B1_3_NURKASIMA_HASIBUAN_16354_5888_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_NURKASIMA_HASIBUAN_16354_5888_2015.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik (MRL) dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares Berbantuan modul di SMK Negeri 1 Padang. Beberapa masalah yang diidentifikasi mempengaruhi hasil belajar siswa diantaranya penggunaan metode pembelajaran yang monoton tanpa diimbangi metode pembelajaran yang menarik, sehingga siswa kurang aktif dan kurang memperhatikan selama proses pembelajaran. Hal ini berdampak terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik banyak yang berada di bawah KKM. Metode penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan One group pretest postest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TDTL A SMK N 1 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: dengan tes awal (pretest) berupa soal objektif, sebelumya dilakukan uji coba validitas soal sebanyak 30 item, dinyatakan 25 item terpakai dan 5 item gugur. Setelah itu, dilakukan tes akhir (posttest) berupa soal objektif, sebelumnya dilakukan uji coba validitas soal sebanyak 35 item, dinyatakan 25 item terpakai dan 10 item gugur. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Gain Score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata skor pretest sebelum menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares Berbantuan Modul sebesar 66,80 dan rata-rata skor posttest setelah menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares Berbantuan Modul sebesar 83,86. Peningkatan hasil belajar siswa pada subjek kelas penelitian, dimana nilai ratarata Gain Score dengan rumus Gain Score sebesar 0,473 dengan kriteria perolehan Gain Score pada kriteria sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik (MRL) kelas X TDTL A SMKN 1 Padang dengan menggunakan pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares Berbantuan Modul.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Hollywood Squares Berbantuan Modul, Hasil Belajar, Menganalisis Rangkaian Listrik |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 05:27 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 05:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7590 |