Febriani, Sri (2013) Efektifitas Bermain Hilang dalam Pasir untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Tunagrahita Ringan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_SRI_FEBRIANI_01105_758_2013.pdf [thumbnail of B1_2_SRI_FEBRIANI_01105_758_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_SRI_FEBRIANI_01105_758_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Anak Tunagrahita Ringan yang belum mengenal enam huruf (b, d, m, n, o dan q). Peneliti menemukan seorang Anak Tunagrahita Ringan yang mengalami hambatan kemampuan mengenal huruf. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk membuktikan keefektifitasan bermain hilang dalam pasir dalam mengenalkan huruf. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan metode Single Subject Research (SRR) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian adalah Anak Tunagahita Ringan X kelas 3/C. Penilaian dalam penelitian ini konsisten dan mengukur kemampuan anak dalam menyebutkan, menunjukkan dan menuliskan huruf dan penilaian disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kemampuan Anak Tunagrahita Ringan x dalam mengenal enam huruf meningkat, pada awal kondisi baseline (A) yang dilakukan sebanyak tujuh kali tes anak hanya mengenal (dapat menyebutkan) dua huruf yaitu b dan d, pada kondisi intervensi yang dilakukan sebanyak sepuluh kali tes kemampuan anak meningkat dengan pendekatan melalui bermain hilang dalam pasir yaitu anak dapat menyebutkan, menunjukkan dan menulis huruf. Dan terakhir adalah kegiatan baseline (A2), kegiatan ini dilakukan sebanyak lima kali tes, setelah kegiatan intervensi dihentikan, ternyata kemampuan anak dapat mempertahankan kemampuannya dalam menyebutkan, menunjukkan dan menulis huruf. Data dikumpulkan dengan melakukan tes berapa banyak anak mampu menunjukkan, menyebutkan dan menuliskan huruf dengan benar. Dengan demikian terbukti dengan hipotesis yang dikemukakan bahwa bermain hilang dalam pasir efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal enam huruf pada Anak Tunagrahita Ringan x kelas 3/C di SLB Fan Redha Padang. Berkaitan dengan hasil penelitian dalam mengenal huruf pada Anak Tunagrahita Ringan x meningkat, maka peneliti menyarankan kepada guru untuk menggunakan bermain hilang dalam pasir dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf untuk pembelajaran selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bermain hilang, Kemampuan mengenal huruf, Anak tunagrahita |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 05:26 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 05:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7582 |