Pengembangan Modul Pembelajaran tentang Berkomitmen Terhadap Pancasila Sebagai Dasar Negara Pada Pembelajaran PPKn di Kelas VII SMP N 12 Padang

Oktora, Siska (2015) Pengembangan Modul Pembelajaran tentang Berkomitmen Terhadap Pancasila Sebagai Dasar Negara Pada Pembelajaran PPKn di Kelas VII SMP N 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SISKA_OKTORA_16189_3394_2015.pdf] Text
B1_3_SISKA_OKTORA_16189_3394_2015.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dalam pembelajaran PPKn guru masih sering menggunakan metode ceramah pada setiap pertemuannya. Hal ini menjadi faktor penyebab rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Salah satu cara yang dapat membantu proses pembelajaran adalah dengan memberikan modul. Modul disusun dan dirancang secara sistematis dalam bentuk khusus yang diberikan kepada siswa sehingga siswa dapat memahami konsep-konsep didalamnya. Karena itu tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar PPKn berupa modul untuk pokok bahasan“BerkomitmenTerhadap Pancasila Sebagai Dasar Negara” pada kelas VII semester I, serta mengevaluasi validitas dan kepraktisan modul. Jenis penelitian ini tergolong penelitian Research and Development(R&D).Penelitian pengembangan modul pembelajaran PPKn ini dikembangkan dengan menggunakan 4-D model yaitu define(perencanaan), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran), namun tahap disseminatetidak dilakukan. Modul ini divalidasi oleh 3 orang dosen Jurusan PPKn UNP dan 2 orang Guru PPKn SMP N 12 Padang, sedangkan uji kepraktisan dilakukan oleh 20 orang mahasiswa PPKn UNP dan 66 orang siswa yang terdiri dari dua kelas VII.7 dan VII.8 SMP N 12 Padang. Datayang dikumpulkan dari penelitian ini adalah hasil validasi modul pembelajaran, dan kepraktisan modul pembelajaran yang dihasilkan. Data yang diambil menggunakan skala likert dan data ini dianalisis dengan analisis deskriptif. Berdasarkan penilaianvalidator modul dinyatakan valid dari segi materi dan media, sedangakan dari angket siswa dan mahasiswa modul dinyatakn praktis. Selain itu juga dianalisis tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang terdapat pada modul melalui latihan-latihan yang menyatakan bahwa siswa dapat memahami konsep berkomitmen terhadap Pancasila sebagai dasar Negara dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Berkomitmen, Pancasila, Dasar Negara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 24 Apr 2025 05:26
Last Modified: 24 Apr 2025 05:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7579

Actions (login required)

View Item
View Item