Ogemi, Penia Lisa (2022) Model Pembelajaran Sains Melalui Lingkungan Sekitar di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Keliling Danau. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_PENIA_LISA_OGEMI_20330022_3709_2022.pdf [thumbnail of B1_1_PENIA_LISA_OGEMI_20330022_3709_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_PENIA_LISA_OGEMI_20330022_3709_2022.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari permasalahan yang sering terjadi di Taman
Kanak-kanak terkait pembelajaran sains yang hanya menggunakan alat dan media
gambar cetak, dan hanya sesekali menggunakan media nyata secara langsung
sehingga membuat pembelajaran sains menjadi membosankan bagi anak serta
dengan model pembelajaran yang terlalu monoton yang digunakan oleh guru.
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis bagaimana penggunaan model
pembelajaran sains melalui lingkungan sekitar di taman kanak-kanak. Sehingga
nantinya diperoleh hasil bagimana respon, pengetahuan anak serta antusias dalam
proses pembelajaran sains.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk
memahami dan menginterpretasikan berbagai fenomena yang terjadi dalam
pengaplikasian model pembelajaran sains melalui lingkungan sekitar. Dengan
Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang guru-guru taman kanak-Kanak Negeri
Pembina Keliling Danau. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan.
Sedangkan analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi
sumber terhadap pengaplikasian model pembelajaran sains melalui lingkungan
sekitar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada model pembelajaran sains
menggunakan model pembelajaran sains melalui lingkungan sekitar dengan
dengan pndekatan yang berpusat pada anak. Tahap perencanaan di buat dengan
RPPH yang sesuai dengan tema dan sub tema pada pembelajaran sains dengan
mengacu pada indikator yang sesuai dengan pembelajaran sains, respon anak
sangat baik dan tingkat antusias anak sangat tinggi pada pembelajaran sains serta
yang terakhir analasis pada pengetahuan dan minat belajar sains anak meningkat
dengan belajar melalui lingkungan sekitar.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 05:25 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 05:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7565 |