Kasih, Indri (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Eksperimen Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas XI Semester SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_INDRI_KASIH_14031010_1388_2018.pdf [thumbnail of B1_03_INDRI_KASIH_14031010_1388_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_INDRI_KASIH_14031010_1388_2018.pdf
Download (5MB)
Abstract
Kurikulum Tahun 2013 menerapkan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran termasuk dalam kegiatan praktikum. Praktikum dapat berjalan dengan lancar dengan adanya petunjuk kegiatan praktikum khusus, yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Eksperimen. LKPD eksperimen berbasis pendekatan saintifik dapat menuntun peserta didik dalam membangun konsep dari materi yang dipelajarinya selama kegiatan praktikum. Berdasarkan hal tersebut telah dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan LKPD Eksperimen berbasis pendekatan saintifik untuk peserta didik Kelas XI Semester I SMA/MA yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan tiga tahapan dari model pengembangan 4D yaitu, define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validitas dan praktikalitas. Subjek penelitian ini adalah 2 orang dosen biologi dan 2 orang guru biologi sebagai validator, 2 orang guru biologi dan 25 orang peserta didik Kelas XI MIPA 6 SMAN 1 Batusangkar sebagai penguji praktikalitas. Data penelitian ini adalah data primer yang terdiri dari data validitas dan praktikalitas, yang dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Penelitian ini menghasilkan LKPD eksperimen berbasis pendekatan saintifik. Hasil validasi LKPD memperoleh kategori nilai 3,74 (sangat valid) baik dari segi kelayakan isi, komponen pendekatan saintifik, kebahasaan, penyajian, maupun kegrafikaan. Praktikalitas LKPD memiliki kategori nilai praktikalitas 3,61 (sangat praktis) oleh guru dan kategori nilai 3,60 (sangat praktis) oleh peserta didik, baik dari segi kemudahaan penggunaan, waktu pembelajaran maupun manfaat. Dengan demikian disimpulkan bahwa telah dihasilkan LKPD eksperimen berbasis pendekatan saintifik untuk peserta didik Kelas XI Semester I SMA/MA dengan kategori sangat valid dan sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Tahun 2013, Pendekatan Saintifik, Praktikum dan LKPD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 04:07 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 04:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7529 |