Azizah, Nur (2016) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X MAN Balai Selasa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_NUR_AZIZAH_1105399_2999_2016.pdf [thumbnail of B1_3_NUR_AZIZAH_1105399_2999_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_NUR_AZIZAH_1105399_2999_2016.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari fenomena pada pembelajaran bahasa Indonesia yang belum berjalan dengan maksimal karena ide-ide kreatif siswa belum berkembang dengan baik, mengakibatkan sebagian besar siswa kelas X belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Hal ini menuntut guru untuk memilih model pembelajaran yang sesuai. Salah satunya menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X MAN Balai Selasa Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Balai Selasa. Adapun pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling yaitu penarikan sampel atas dasar pertimbangan hal-hal yang bersifat homogen, seperti jumlah siswa dan nilai rata-rata hasil belajar yang tidak jauh berbeda sehingga ditetapkan kelas X.IAI sebagai kelas eksperimen dan X.1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal. Setelah diperoleh data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian barulah dianalisis dengan menggunakan t-tes. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) adalah 79,28 dan standar deviasi (SD) sebesar 7,98 sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 71,61 dan standar deviasi (SD) sebesar 10,03. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh t i hitung 2,466 sedangkan pada taraf nyata α 0,05 t tabel 2,032, sehingga t hitung >t tabel . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X MAN Balai Selasa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Integrated Reading and Composition, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 03:23 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 03:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7503 |