Azizah, Nur (2015) Efektivitas Penerapan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPS di SMP Pertiwi 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_NUR_AZIZAH_1100428_4449_2015.pdf [thumbnail of B1_3_NUR_AZIZAH_1100428_4449_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_NUR_AZIZAH_1100428_4449_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Pertiwi 2 Padang, ditemui masalah yang paling menonjol yaitu motivasi siswa dalam belajar mata pelajaran IPS masih kurang, masalah lainya yaitu, ketidakaktifan siswa selama proses pembelajaran. Hal ini di sebabkan karena pembelajaran di dalam kelas selalu berpusat pada guru, sehingga siswa menjadi pasif dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan suatu strategi yang mampu mengaktifkan siswa dalam belajar. Salah satunya strategi Think Talk Write (TTW). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas penerapan strategi Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP Pertiwi 2 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat quasy eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Pertiwi 2 Padang yang berjumlah 113 orang yang terdiri dari 4 kelas, dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VII 4 sebagai kelas eksperimen dan VII sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 26 dan kelas kontrol berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 35 butir soal. Setelah di peroleh data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian barulah dianalisis dengan menggunakan t-tes. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan Think Talk Write (TTW) adalah 79,61 dan standar deviasi (SD) sebesar 9,77 sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 73,45 dan standar deviasi (SD) sebesar 10,20. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh t 2,13 sedangkan pada taraf kepercayaan α 0,05 t i tabel 2,021, sehingga t . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi strategi Think Talk Write (TTW) efektif secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Pertiwi 2 Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Think Talk Write, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 03:22 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 03:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7500 |