Sari, Sinta Permata (2012) Pengaruh Penggunaan CD Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas X SMAN 6 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SINTA_PERMATA_SARI_04015_5192_2012.pdf [thumbnail of B1_3_SINTA_PERMATA_SARI_04015_5192_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SINTA_PERMATA_SARI_04015_5192_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, masih rendahnya motivasi dan semangat siswa untuk mengikuti pembelajaran. Kelas berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan, proses pembelajaran berlansung secara konvensional dan guru hanya menggunakan media sederhana dalam menyampaikan materi pembelajaran. Sehingga pembelajaran tidak menarik bagi siswa dan berakibat masih banyak nilai siswa dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 69. Keberhasilan belajar dapat dicapai jika siswa semangat dan termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, guru perlu menggunakan media yang menarik untuk meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Salah satunya penggunaan CD Multimedia Interaktif untuk membantu guru menyampaikan materi pembelajaran yang dapat menarik motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan CD Multimedia Interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas X SMAN 6 Sijunjung. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAN 6 Sijunjung yang berjumlah 121 orang yang terdiri dari 4 kelas dan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas Xa dan Xb masing-masingnya berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal, serta tes praktek sebanyak 5 butir soal dan alat pengumpul data digunakan lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Jenis data dalam penelitian ini hasil belajar siswa dan sumber datanya nilai siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan analisis hasil belajar, diperoleh nilai rata–rata siswa kelas Xa yang menggunakan CD Multimedia Interaktif yaitu 80,28 dan nilai rata-rata siswa kelas Xb yang menggunakan metode ceramah dan media sederhana yaitu 72,08. Dari perhitungan uji perbedaan (t-test) didapat t hitung 3,6444 pada taraf kepercayaan 0,05 pada t tabel 2,021 dengan demikian t hitung > t tabel (3,6444 > 2,021). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada taraf α 0,05 penggunaan CD Multimedia Interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK siswa kelas X SMAN 6 Sijunjung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, Interaktif, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 03:18 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 03:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7489 |