Dahnia, Dahnia (2014) Peningkatan Hasil Belajar Tematik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think, Pair and Share (TPS) di Kelas III SD Negeri 19 V Koto Kampungdalam, Kabupaten Padang Pariaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DAHNIA_1203974_5371_2014.pdf [thumbnail of B1_1_DAHNIA_1203974_5371_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_DAHNIA_1203974_5371_2014.pdf
Download (151kB)
Abstract
Pembelajaran tematik di kelas III SD Negeri 19 V Koto Kampungdalam,
Kabupaten Padangpariaman sudah mulai diperkenalkan, yaitu pembelajaran
menggunakan tema tertentu untuk mengaitkan beberapa isi mata pelajaran
dengan pengalaman nyata sehari-hari peserta didik, sekaligus mengembangkan
keterampilan sosial peserta didik, seperti kerja sama, toleransi dan tanggap
terhadap gagasan orang lain. Namun pelaksanaannya masih belum efektif, maka
untuk itu peneliti
ingin memperkenalkan sistem belajar tematik dengan
menggunakan model pembelajaran koperatif tipe think, pair and share (TPS),
untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan
dalam empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Penelitian ini dilakukan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali
pertemuan. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, keefektifan tindakan
pada setiap siklus dari hasil observasi dideskripsikan dan diinterpretasikan,
kemudian direfleksikan untuk melakukan tindakan perbaikan pada siklus
berikutnya.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pem
belajaran koperatif tipe think, pair and share (TPS), telah meningkatkan hasil
belajar tematik peserta didik. Nilai akhir rata-rata kelas berdasarkan penilaian
Kognitif, Afektif dan Psikomotor Peserta Didik adalah 85,14 %, yaitu Klasifikasi
Baik. Secara kuantitatif, Ulangan Harian di akhir Siklus II dengan nilai rata-rata
85,13 lebih baik dari Ulangan Harian di akhir Siklus I, nilai rata-rata 81,13 dan
juga lebih baik dari nilai rata-rata Mid Semester II, yaitu 76,63. Selain dari itu,
peserta didik sudah mampu bekerja sama, tanggap dan menghargai pendapat
temannya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model
pembelajaran koperatif tipe think, pair and share (TPS), dalam pembelajaran
tematik, dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara optimal.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 03:08 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 03:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7476 |