Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Synergetic Teaching Pada Mata Pelajarann Instalasi Motor Listrik Kelas XI di SMKN 1 Pariaman

Putra, Novri Sony (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Synergetic Teaching Pada Mata Pelajarann Instalasi Motor Listrik Kelas XI di SMKN 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NOVRI_SONY_PUTRA_16381_2203_2015.pdf] Text
B1_3_NOVRI_SONY_PUTRA_16381_2203_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik. Hal ini dapat terjadi akibat siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran sedangkan tuntukan kurikulum 2013 dintutut siswa harus aktif, kreatif dan inovatif. Metode yang diterapkan yaitu menggunakan metode synergetic teaching. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan peningkatan hasil belajar siswa kelas XI TIPTL pada mata pelajaran Instalasi Motor listrik di SMKN 1 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain One Group Pretest-postest. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar Instalasi motor listrik adalah Pretest dan Posttest. Data penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diambil langsung dari hasil pretes, serta data skunder yang diperoleh dari nilai-nilai rata kelas. Instrumen tersebut sebelum digunakan terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran soal, dan daya beda setiap item soal tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah nilai hasil belajar tersebut dilakukan uji kenormalan dan hasilnya telah ditetapkan berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji Gainscore ( N-gain), dengan rata-rata skor pretest = 65,78 dengan presentase ketuntasan 25 %, skor post-test = 83,43dengan presentase ketuntasan 87,5 %, skor maksimum = 95 maka terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada subjek kelas penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar Instalasi Motor Listrik (IML) siswa kelas XI TIPTL1 SMKN 1 Pariaman dengan menggunakan metode synergetic teaching.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Synergetic Teaching, Instalasi Motor Listrik
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 23 Apr 2025 10:20
Last Modified: 23 Apr 2025 10:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7411

Actions (login required)

View Item
View Item