Yoga, Novpria (2013) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di kelas VIII SMP N 4 Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_NOVPRIA_YOGA_01219_1306_2013.pdf [thumbnail of B1_3_NOVPRIA_YOGA_01219_1306_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_NOVPRIA_YOGA_01219_1306_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Siswa di SMP N 4 Lubuk Alung terutama yang kelas VIII mempunyai perhatian yang kurang terhadap mata pelajaran Sejarah hal ini terlihat ketika proses pembelajaran dimulai siswa lebih tertarik berbicara sama teman dari pada mendengarkan penjelasan guru. Salah satu yang menjadi penyebab kurangnya perhatian siswa terhadap materi karena guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik. Agar perhatian siswa terfokus pada materi pelajaran, maka digunakan media berbasis Komputer. Untuk melihat apakah penggunakan media pembelajaran berbasis Komputer ini berhasil, maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk melihat penggaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Komputer terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di SMP N 4 Lubuk Alung. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk kuantitatif Quasi Eksperimen dengan melaksanakan pembelajaran menggunakan media berbasis komputer pada kelas eksperimen dan pembelajaran biasa/konvensional pada kelas kontrol. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 4 Lubuk Alung dan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas VIII.3 dan VIII.4 masing-masingnya berjumlah 37 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal, data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan penelitian yang dilakukan Di SMP N 4 Lubuk Alung Pada kelas VIII.3 yang dijadikan kelas eksperimen diperoleh nilai rata- rata 73,72 sedangkan untuk kelas VIII.4 yang jadikan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 64,86. Ini menunjukkan bahwa media berbasis komputer memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar siswa, karena terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (t hitung > t tabel ). Sehingga penggunaan video pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dikelas VIII SMP N 4 Lubuk Alung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Komputer, Sejarah |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 10:20 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 10:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7405 |