Hubungan Intelegent Quotient (IQ) dan Manajemen Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 3 Padang.

Nofrisa, Silfani (2014) Hubungan Intelegent Quotient (IQ) dan Manajemen Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SILFANI_NOFRISA_54879_5239_2014.pdf] Text
B1_3_SILFANI_NOFRISA_54879_5239_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar, diantaranya faktor Intelegent Quotient (IQ) dan manajemen belajar siswa. Siswa yang memiliki hasil uji tes IQ tinggi belum tentu memiliki hasil belajar yang tinggi. Sehingga dalam kenyataannya ada siswa yang memiliki rata-rata IQ tinggi tetapi memiliki hasil belajar yang rendah. Ini bertentangan dengan teori yang telah dinyatakan oleh Kolesnik (1979) dalam Slameto (2003), bahwa semakin tinggi IQ seseorang, semakin tinggi nilai yang diterima atau yang didapatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Intelegent Quotient (IQ), manajemen belajar siswa dengan hasil belajar biologi siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Analisis data menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment untuk melihat erat atau tidaknya hubungan tersebut. Analisis KD (koofisien determinan) untuk melihat seberapa besar sumbangan Intelegent Quotient (IQ) dan manajemen belajar terhadap hasil belajar dan analisis uji-t untuk melihat keberartian atau tidaknya hubungan tersebut. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket manajemen belajar siswa, dokumentasi hasil uji tes IQ dan hasil belajar biologi siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Padang. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa manajemen belajar biologi siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Padang sudah baik, dan Intelegent Quotient (IQ) dengan hasil belajar siswa memiliki hubungan yang lemah dengan nilai r=0,234, dan manajemen belajar dengan hasil belajar biologi siswa memiliki hubungan yang cukup erat dengan nilai r=0.446, sedangkan antara Intelegent Quotient (IQ) dan manajemen belajar siswa dengan hasil belajar biologi siswa memiliki hubungan yang lemah juga dengan nilai r=0,34. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Intelegent Quotient (IQ) dan manajemen belajar siswa dengan hasil belajar biologi siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Padang dengan t hitung =2,07 dan t =1,68.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hubungan, IQ, Manajemen, Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 23 Apr 2025 10:20
Last Modified: 25 Apr 2025 01:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7401

Actions (login required)

View Item
View Item