Pengaruh Pendekatan Activities, Class Discussion, Exercise (ACE) Dalam Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Padang.

Fleming, Sherly (2012) Pengaruh Pendekatan Activities, Class Discussion, Exercise (ACE) Dalam Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SHERLY FLEMING_01872_2012.pdf] Text
B1_3_SHERLY FLEMING_01872_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Saat ini di sekolah-sekolah, pendidikan cenderung berpusat hanya pada ranah kognitif, sedangkan ranah afektif dan psikomotor terabaikan. Kurang berkembangnya dua ranah ini, berhubungan erat dengan model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Model yang sering digunakan adalah model pembelajaran langsung dan model ini tidak dimaksudkan untuk mengembangkan keterampilan sosial. Tidak berkembangnya dua aspek ini berdampak pada hasil belajar yang rendah. Penggunaan pendekatan Activities, Class discussion, Exercise (ACE) merupakan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan ACE dalam model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian disain statis dua kelompok. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012, dan sampelnya kelas XI IPA4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif sebanyak 42 buah soal untuk ranah kognitif. Lembar observasi untuk ranah afektif dan psikomotor, dan angket aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-U. Hasil penilaian afektif didapatkan nilai kelas eksperimen (85,993%), lebih tinggi daripada kelas kontrol (58,331%). Pada ranah psikomotor, nilai kelas eksperimen (82,219%), lebih tinggi daripada kelas kontrol (60,053%). Pada ranah kognitif nilai rata-rata siswa kelas eksperimen meningkat sebesar 15,637, kelas kontrol hanya 12,635. Berdasarkan hasil analisis data pada taraf nyata α = 0,05 didapatkan harga Z hitung 3,477 dengan harga Z tabel 1,65. Jika Z hitung > Z tabel maka H 1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan ACE dalam model pembelajaran langsung berpengaruh positif terhadap hasil belajar biologi siswa. Dengan kata lain, penggunaan pendekatan ACE dalam model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar biologi kelas XI IPA SMA Negeri 1 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Activities, Class Discussion, Exercise, Model Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 23 Apr 2025 10:17
Last Modified: 23 Apr 2025 10:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7373

Actions (login required)

View Item
View Item