Fatmawaty, Sofia (2016) Meningkatkan Kemampuan Tata Cara Berwudhu Melalui Model Pengajaran Langsung bagi Anak Tunagrahita Ringan (Single Subject Research Kelas VI SDLB Negeri Manggis Ganting Bukittinggi). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_SOFIA_FATMAWATY_1100293_2980_2016.pdf [thumbnail of B1_2_SOFIA_FATMAWATY_1100293_2980_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_SOFIA_FATMAWATY_1100293_2980_2016.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SDLB N Manggis Ganting Bukittinggi, seorang anak perempuan dengan spesifikasi tunagrahita ringan mengalami masalah dalam melaksanakan tata cara berwudhu. Berdasarkan hal tersebut peneliti bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tata cara berwudhu melalui model pengajaran langsung bagi anak tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Research, dengan desain A-B-A. Teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitiannya seorang anak tunagrahita ringan kelas VI SDLB, anak di minta untuk melakukan tata cara berwudhu, banyak kegiatan yang dilakukan oleh anak yaitu delapan tata cara, setiap kali pertemuan pengukuran variabelnya dengan menggunakan persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengajaran langsung dapat meningkatkan kemampuan tata cara berwudhu bagi anak tunagrahita ringan. Ini dibuktikan dengan hasil baseline (A1) yang dilakukan sebanyak enam kali pengamatan, persentase kemampuan terletak pada rentang 12.5% sampai 25%. Hasil intervensi (B) dengan menggunakan model pengajaran langsung dilakukan sebanyak delapan kali, persentase kemampuan terletak pada rentang 37.5% sampai 87,5%. Baseline (A2) setelah tidak lagi menggunakan model pengajaran langsung dilakukan sebanyak lima kali, persentase kemampuan terletak pada rentang 62,5% sampai 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pengajaran langsung dapat meningkatkan kemampuan tata cara berwudhu. Penulis menyarankan kepada guru hendaknya dapat menggunakan model pengajaran langsung untuk meningkatkan kemampuan tata cara berwudhu bagi anak tunagrahita ringan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tata cara berwudhu, Pengajaran langsung, Anak tunagrahita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 10:17 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 10:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7371 |