Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pembelajaran Konstruktivisme di Kelas III SDN 13 Muaro Kecamatan Sijunjung

Darmanis, Darmanis (2011) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pembelajaran Konstruktivisme di Kelas III SDN 13 Muaro Kecamatan Sijunjung. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_DARMANIS_51718_3573_2012.pdf] Text
B1_1_DARMANIS_51718_3573_2012.pdf

Download (216kB)

Abstract

Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar berhubungan dengan cara
mencari tahu tentang alam. Pembelajaran IPA seharusnya menjadi mata
pelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga menimbulkan keinginan
dan semangat peserta didik untuk mempelajarinya. Berdasarkan temuan, guru
belum menciptakan pembelajaran yang memahami perkembangan peserta
didik yang masih berfikir secara abstrak. Pembelajaran belum dapat memikat
peserta didik karena guru kurang efektif dalam memilih dan menggunakan
model dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan
hasil belajar di kelas III Sekolah Dasar Negeri 13 Muaro Kecamatan
Sijunjung.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. PTK
dilaksanakan dalam proses berdaur (cyclical) yang terdiri dari empat tahapan,
planing, action, observation/evaluation, dan reflection. Keefektifan tindakan
pada setiap siklus diukur dari hasil observasi dan penilaian hasil belajar. Data
hasil observasi dideskripsikan, diinterprestasikan, kemudian direfleksikan
untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Sementara itu
data hasil penilaian hasil belajar dianalisis dengan cara mendeskripsikan
penilaian hasil belajar antar siklus. Kriteria keberhasilan pembelajaran
mengacu pada hasil belajar berupa authentic assessment (scoring rubric) yang
dicapai peserta didik pada setiap siklus. Kriteria keberhasilan adalah skor rata
rata yang dicapai peserta didik, berada pada kualifikasi Baik (B).
Keefektifan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran
konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan
hasil belajar, disebabkan karena pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan
perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian, melalui proses tahapan model
pembelajaran konstruktivisme.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 23 Apr 2025 07:21
Last Modified: 23 Apr 2025 07:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7361

Actions (login required)

View Item
View Item