Efektifitas Metode Proyek pada Pembelajaran Keterampilan bagi Anak Tunagrahita Sedang Kelas X SMALB di YPAC Sumbar (Quasi Eksperimen Dikelas X SMALB YPAC Sumbar)

Sefni, Fadila (2014) Efektifitas Metode Proyek pada Pembelajaran Keterampilan bagi Anak Tunagrahita Sedang Kelas X SMALB di YPAC Sumbar (Quasi Eksperimen Dikelas X SMALB YPAC Sumbar). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_FADILA_SEFNI_15596_5821_2014.pdf] Text
B1_2_FADILA_SEFNI_15596_5821_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti pada anak tunagrahita sedang kelas X SMALB diYPAC Sumbar yang setelah jam istirahat anak diarahkan pada pembelajaran keterampilan, dalam pembelajaran keterampilan tersebut tidak semua siswa yang berinisatif untuk terlibat kegiatan keterampilan, ada siswa yang tidak bisa mengerjakan keterampilan yang dibuat tersebut, sehingga hasil keterampilannya kurang bagus dan anak juga merasa mudah bosan jika berkegiatan terlalu lama. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan keefektifan metode proyek pada pembelajaran keterampilan bagi anak tunagrahita sedang kelas X di SMALB di YPAC Sumbar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Eksperimen dalam desain ini observasi dilakukan sebanyak 2 kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Observasi yang dilakukan sebelum eksperimen (KE) disebut pre test dan observasi sesudah eksperimen (KK) disebut post test. Subjek penelitian anak tunagrahita sedang kelas X di SMALB di YPAC Sumbar yang berjumlah 3 orang, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji U Mann Whitney. Hasil penelitian ini menujukan bahwa, uji U didapat U hit = 2 dengan tabel pada taraf signifikan 95 % dan α = 0,05 diperoleh Utab = 0 untuk n = 3. Dari hasil tersebut didapat Uhit ¬ Utab.Hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Metode Proyek efektif digunakan pada Pembelajaran Keterampilan Bagi Anak Tunagrahita Sedang Kelas X SMALB di YPAC Sumbar.Maka dari itu penulis menyarankan kepada guru untuk memilih metode yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KETERAMPILAN, ANAK TUNAGRAHITA SEDANG
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 23 Apr 2025 07:18
Last Modified: 23 Apr 2025 07:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7360

Actions (login required)

View Item
View Item